Apa itu Habbasyi ?

Tradisi minum jamu sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan tradisi minum jamu ini masih berlaku dan dapat ditemukan di sekitar kita hingga saat ini. Bahannya dari alam. Bisa untuk bahan masakan, bisa juga sebagai terapi pengobatan sebagai jamu. Mujarab? Wallahu a’lam bishawab.

Alam memang menyediakan berbagai sumber hayati yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan penyembuhan penyakit bagi manusia. Namun, dari berbagai sumber alam atau tumbuh-tumbuhan yang berkaitan dengan penyembuhan itu, ada juga tumbuhan manfaatnya jauh lebih baik dari tumbuhan yang lain. Tumbuhan itu dimulyakan oleh Sang Pencipta yaitu Allah Subhanahu Wata Allah. Tumbuhan itu diyakini sebagai penyembuh segala macam penyakit, kecuali mati. Tumbuhan itu adalah habbatussauda, yang punya nama latin Nigella sativa atau blackseed.

Hampir sama manfaatnya dengan jamu yang sudah menjadi tradisi ini, sejatinya, habbatussauda pun dapat menjadi salah satu rujukannya. Adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa atau Black seed dari keluarga Ranunculaceae, tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat. Di negara asalnya, jintan hitam sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan India dan Timur Tengah. Jintan hitam memiliki rasa dan aroma khas pahit-pedas seperti kombinasi  bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Habbatussauda ternyata bukan hanya digunakan sebagai bahan masakan saja, tetapi juga untuk terapi penyembuhan. Bahkan beberapa hadits menyebutkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sering mengkonsumsi habbatussauda sebagai bahan pengobataan. Hadits Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’, karena di dalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artiya kematian.”

 

owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Madu dan Ibnu Sina

Rab Mei 23 , 2018
  Lebah memang special. Ia merupakan makhluk Allah yang banyak memberi manfaat dan kenikmatan kepada manusia. Dan di dalam Al-Qur’an-pun terdapat surat yang membahas tentang lebah yaitu surat ke 16 An-Nahl yang berati Lebah “…Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan […]

You May Like