Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Siapa sih yang tidak tahu buah kurma? Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan buah kurma. Buah asal timur tengah yang identik dengan momentum bulan suci ramadhan ini, ternyata memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain sebagai kebutuhan makanan, kandungan yang ada di dalam kurma juga dapat bermanfaat sebagai sarana menjaga kesehatan. Apa saja manfaat kurma bagi kesehatan?

 

Menurut survei medis kedokteran dan ahli gizi, telah diakui bahwa salah satu manfaat buah kurma bagi kesehatan yaitu untuk mencegah kanker lambung. Manfaat lain seperti mengatasi konstipasi, menunjang kekuatan tulang, mengatasi gangguan usus, mengobati anemia, menanggulangi alergi, membantu dalam proses pemulihan penyakit demam berdarah, mencegah gejala rematik, menambah berat badan, energy booster, menjaga kesehatan sistem saraf, meningkatkan daya ingat dan sistem kerja otak, mencegah terjadinya insomnia, menjaga kesehatan jantung, kelemahan seksual, mengurangi rabun senja, intoksikasi, mengendalikan diare, membantu mencegah risiko kanker otak, sumber antioksidan, serta mencegah penggumpalan darah. Buah kurma juga bebas lemak jenuh.

 

Tentu, manfaat buah kurma ini sangat mengagumkan. Bagi umat islam, mengkonsumsi buah kurma sudah tidak asing lagi. Hanya saja, belum banyak yang tahu manfaat bagi kesehatan dan manfaat menjalankan sunnah melalui buah yang diberkahi oleh Allah SWA seperti yang tertulis dalam Al-quran dan hadits. Pada saat menjalankan ibadah puasa, mengkonsumsi kurma saat sahur dapat menetralisir tubuh yang memerlukan penyerapan nilai gizi tinggi, berenergi, dan tetap menjaga rasa lapar. Di samping itu, sistem saraf juga mendapatkan manfaat dari buah kurma, karena kandungan potassium yang cukup besar.

 

Berikut nilai gizi dan kandungan nutrisi buah kurma (phoenix dactylifera) di setiap 100 gram seperti tabel berikut:

 

Kandungan nilai gizi Persentase rda   Kandungan nilai gizi Persentase rda
Energi 277 Kcal 14 %   eleKtrolit    
Karbohidrat 74,97 g 58 %   Sodium 1 mg 0 %
Protein 1.81 g 3 %   Kalium 696 mg 16 %
Lemak total 0,15 g <1 %        
Kolesterol 0 mg 0 %   Mineral    
Serat makanan 6,7 g 18 %   Kalsium 64 mg 6,5 %
        Tembaga 0,362 mg 40%
Vitamin       Besi 0,90 mg 11%
Folat 15        ug 4 %   Magnesium 54 mg 13%
Niacin 1.610 mg 10 %   Mangaan 0,296 mg 13%
Asam pantotenat 0,805 mg 16 %   Fosfor 62 mg 9%
Pyridoxine 0,249 mg 19 %   Seng 0,44 mg 4%
Riboflavin 0,060 mg 4,5 %        
Thiamin 0,050 mg 4%   Phyto-nutrisi    
Vitamin A 149 IU 5 %   Karoten-ß 89 ug
Vitamin C 0 mg 0 %   Crypto-xanthin-ß 0 mg
Vitamin K 2,7 mg 2 %   Lutein-zeaxanthin 23 ug

(Sumber: USDA National Nutrient data base)

 

owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Jenis - Jenis Minyak Zaitun

Sen Nov 26 , 2018
Minyak zaitun adalah minyak yang didapat dari buah tanaman zaitun, yaitu tanaman yang banyak dijumpai di daerah Timur Tengah atau Mediterania. Minyak ini sangat istimewa karena memiliki kandungan vitamin dan mineral serta segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak zaitun didapat dari buah zaitun yang diproses menjadi pasta. Pasta tersebut […]

You May Like