Zaitun dalam Al-Qur’an dan Hadits


Al-Qur’an bahkan secara jelas menyebutkan kata Zaitun yang mengindikasikan keutamaannya. Zaitun adalah pohon yang diberkati. Allah SWT telah bersumpah dengannya, dalam surat At-Tin (95:1-4); “Demi tin dan zaitun. Dan demi bukit Sinai Dan demi kota (Mekah) ini yang aman. Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.

Kemudian dalam Surah An-Nur (24:35), Allah SWT juga memuji Zaitun “… yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi. Yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tidak pula di sebelah barat. Minyaknya saja hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api”.

Dalam sebuah hadits yang dari Umar, beliau berkata, ‘Rasulullah SAW pernah bersabda, ‘Berobatlah dengan minyak zaitun dan minyakilah dengannya, karena ia berasal dari pohon yang penuh berkah,” (HR Ad-Darimi).

Diriwayatkan dari Zaid bin Arqam RA. bahwa Nabi SAW bersabda, “Zaitun dan waras bermanfaat untuk mengobati radang selaput dada (dzatul janbi:pleurisy).” Qatadah berkata, “Caranya dengan membalur bagian dada yang mengalami sakit”.

Ibnul Qayyim dalam kitab Zadul Ma’ad berkata, “Minyak Zaitun bisa menutup pori-pori tubuh dan mencegah zat yang masuk melaluinya. Jika digunakan setelah mandi air panas, minyak zaitun akan memperbaiki dan melembabkan badan. Jika digunakan sebagai minyak rambut, akan menjadikan rambut indah dan panjang. Minyak Zaitun juga berkhasiat untuk mengobati campak dan berbagai penyakit lainnya.” (Dimar)

Dikutip dari Gomuslim. Photo credit by honestdocs

owner

Next Post

Fakta Madu sebagai Obat

Kam Sep 19 , 2019
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,” Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an. “ (lihat Sunan Ibnu Majah, j.II, h.1142, hadist no.3452, bab Madu). Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, bahwa ada seseorang datang kepada Nabi SAW, dan mengadu, “Wahai Rasulullah, saudaraku terkena diare. Rasulullah […]